Mengenal Apa Itu Dabbah


Assalamu’alaikum

Dabbah adalah makhluk berwujud aneh yang ditakdirkan Allah subhanahu wata’ala dapat berbicara dan bercakap-cakap dengan manusia. Ia mengingatkan kepada orang kafir dengan kata-katanya yang sangat keras dan pedas.
Allah berfirman,
“Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (Q.S. an-Naml [27] : 82)
Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam bersabda,
“Diriwayatkan dari Abu Umamah r.a., Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda, ‘Ketika Dabbah muncul nanti, ia akan menandai golongan-golongan manusia.” (H.R. Imam Ahmad)

Diantara tanda-tanda kiamat besar adalah munculnya makhluk aneh yang disebut Dabbah. Dabbah dalam bahasa arab berarti ‘yang melata’. Imam Qurthubi mengatakan bahwa Dabbah berwujud seperti unta. Pendapat tersebut dipandang kalangan ulama sebagai pendapat yang mu’tamat dan shahih. (Tafsir Qurthubi vol. 13 : 235). Sebagian ulama mengatakan bahwa Dabbah adalah sejenis ular besar yang melingkari seluruh dinding Ka’bah. Pendapat ini dinisbatkan oleh Imam Qurthubi kepada Ibnu Abbar r.a. (Tafsir Qurthubi vol. 13 : 236).
Kelebihan dari Dabbah
Dabbah mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya :
1. Melihat tingkat keyakinan manusia
2. Dapat mengenali orang beriman dan kafir
3. Terhadap orang kafir dan ahli maksiat, ia bersikap keras dan tidak segan-segan membinasakannya
4. Terhadap orang beriman, ia bersikap lunak dan penuh lemah lembut.
Tempat munculnya Dabbah
Para ulama berbeda pendapat mengenai tempat munculnya Dabbah. Sebagian dari mereka mengatakan bahwa dabbah akan muncul dari masjid-masjid besar yang terdapat di Kota Makkah. Pendapat ini didasarkan pada hadits yang terdapat didalam kitab al-Awsath.
“Dari Huza bin Usaid bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam telah bersabda, ‘Dabbah akan muncul dari masjid-masjid besar.” (H.R. Thabrani)


No comments:

Post a Comment

Adsense